PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI KARANGAN DESKRIPSI DI KELAS III SD NEGERI 28 BANDA ACEH

Aulia Afridzal

Abstract


Rendahnya kemampuan menulis disebabkan guru kurang memberi kesempatan siswa
menulis. Tugas menulis biasanya menyalin ulang catatan di papan tulis. Akibatnya
kemampuan menulis siswa tidak berkembang dan kurang menguasai teknik, isi, maupun
bahasa. Kurangnya minat dan motivasi siswa mengikuti pembelajaran, khususnya
keterampilan menulis menjadi pemicu rendahnya kemampuan menulis. Rumusan masalah
dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan media
gambar dan video animasi pada materi karangan deskripsi kelas III SD Negeri 28 Banda
Aceh. Tujuan penelitian mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan media gambar
dan video animasi pada materi karangan deskripsi kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh.
Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan media
gambar dan video animasi pada materi karangan deskripsi kelas III SD Negeri 28 Banda
Aceh. Jenis penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
III di SD Negeri 28 Banda Aceh sebanyak 60 siswa yang dikelompokkan kedalam kelas
eksperimen (kelas III
A
) dan kontrol (kelas III
B
). Adapun kelas eksperimen sebanyak 30 orang
dan kelas kontrol sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan thitung = 4,82 dari harga
ttabel = 1,67 ini berarti t berada di daerah penolakan H0, sehingga Ha diterima pada taraf
signifikan α = 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan
media gambar dan video animasi pada materi karangan deskripsi kelas III SD Negeri 28
Banda Aceh. Disarankan kepada guru untuk dapat membekali diri dengan pengetahuan
tentang media pembelajaran yang sesuai.

Kata Kunci : hasil belajar, media gambar, video animasi, karangan deskripsi

Abstract
Poor writing skills due to gurus give less chance of student writing. Writing assignments are usually
repeated copying of notes on the Board. As a result the student's writing skills are not developed and
mastered the techniques, content, and language. Lack of interest and motivation of students learning,
particularly writing skills become a trigger for the low ability of writing. Formulation of the problem
in this study i.e. whether there is a difference in the results of learning using media images and video
animations in matter bouquet description class III SD Negeri 28 Banda Aceh. The purpose of the
research study results knowing the difference using media images and video animations in matter
bouquet description class III SD Negeri 28 Banda Aceh. The hypothesis of this research is the result of
difference learning using media images and video animations in matter bouquet description class III
SD Negeri 28 Banda Aceh. This type of research experiments. The sample in this study is the whole
grade III in SD Negeri 28 Banda Aceh as many as 60 students were grouped into class experiment
(class III
A
) and controls (class III
B
). As for the experiment class of as many as 30 people and as many
as 30 people control class. The results showed thitung = 4.82 from price ttabel = 1.67 This means t is the
rejection of H0, so Ha received on significant degrees of α = 0.05, then there is a difference can be
summed up the results of learning using media images and video animations material description 

essay class III SD Negeri 28 Banda Aceh. It is recommended to teachers to be able to equip themselves
with the knowledge of the appropriate learning media.

Keywords: results of the study, media images, animation, video essay

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Finoza, Lamuddin. 2002. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan

Mulia.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2007. E-Education Konsep, Teknologi, dan

Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Andi.

Putusitrisna. 2011. Penerapan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan. (Online)

(http://putusutrisna.blogspot.com).

Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan

dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sofian. 2009. Manfaat Media Animasi. Jurnal Pendidikan. (Online).

(http://garengs.sofian.blogspot.com).

Subana. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

______. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugandi, Asep. 2012. Strategi Pemilihan dan Penggunaan Media Gambar Yang

Efektif Untuk Anak SD. http://www.asepsugandi.blog.spot.com

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kencana.

Zaimar, Okke Kusuma Sumantri. 2011. Telaah Wacana. Cimanggis: Komodo Book.


Article Metrics

Abstract views: 50   PDF views: 125