HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Ary Lestari, Etin Solihatin, Ajat Sudrajat

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi reendahnya hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa. Hal yang diduga berhubungan dengan hasil belajar IPS adalah konsep diri siswa dan motivasi berprestasi. Tujuan penelitian ini adalah melihat korelasi konsep diri dan motivasi berprestasi siswa dengan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan metode survey. Survey dilakukan terhadap 62 siswa. Hasil penelitian dengan , menunjukkan bahwa konsep diri berkorelasi dengan hasil belajar IPS. Begitu pula motivasi berprestasi berkorelasi dengan hasil belajar IPS. Bahkan uji korelasi secara bersama-sama konsep diri dan motivasi berprestasi dengan hsil belajar IPS memiliki korelasi yang tinggi dengan besar 0,881.

 

Kata Kunci: konsep diri, motivasi berprestasi, hasil belajar

 

Abstract
This research is motivated by the low re- sults of students' social science learning outcomes. The thing that is allegedly related to the results of social studies learning is the students' self-concept and achievement motivation. The purpose of this study was to see the correlation of self-concept and achievement motivation of students with student social studies learning outcomes. This research uses survey method. The survey was conducted on 62 students. The results of the study showed that self-concept correlated with the results of social studies learning. Likewise, achievement motivation correlates with social studies learning outcomes. Even the correlation test together with self-concept and achievement motivation with social studies learning has a high correlation with a large of 0.881.

 

Keywords: self concept, achievement motivation, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bekti, H. (2015). Hubungan Konsep Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS, Tesis.

Jakarta: PPS UNJ

Clifford T. M, et. al, (1986). Introduction to Psycology. Singapore: Mgraw-Hill Book Company.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djaali, (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djiwandono, S.E.W (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo

Etin Solehatin, Raharjo, E. S. (2006). Cooperative Learning “Analisis Model Pembelajaran IPS”.

Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock B, (2005). Psikologi Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Karen G. D, (2005). Psychology for Living: Adjusment, Growth, and Behavior Today (New Jersey:

Pearso Education, Inc., Upper Saddle River

Mikarsa, H.L., dkk,. (2007). Pendidikan Anak di SD Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurhuda, I. (2017). Hubungan Konsep Diri, Motivasi Belajar Siswa dan Kemampuan Membaca

Pemahaman Siswa, Tesis. Jakarta: PPS UNJ

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Sumanto, W. (1990). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rieneka Cipta

Tasrif, (2009). Pengantar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Yogyakarta: Printika

Wijaya, S. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Berprestasi Siswa

terhadap Hasil Belajar IPS, Tesis. Jakarta: PPS UNJ


Article Metrics

Abstract views: 87   PDF views: 140