LANGUAGE EXPERIENCE APPROACH SEBUAH PENDEKATAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR

Zaki Al Fuad, Helminsyah Helminsyah

Abstract


Language Experience Approach sebuah pendekatan dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) Bagaimana keterampilan menulis siswa SD yang diajarkan melalui language experience approach. (2) Sejauh mana language experience approach dapat meningkat kemampuan menulis siswa SD. Penelitian ini dilaksanakan kelas V SD 70 Banda Aceh dengan jumlah populasi 48 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik purpossive sampling, jadi jumlah sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD 70. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi/portofolio dan wawancara. Adapun analisis data dilakukan dengan cara membaca/mempelajari data, menandai kata-kata kunci dan gagasan yang ada dalam data, mempelajari kata-kata kunci itu, berupaya menemukan tema-tema yang berasal dari data. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis siswa SD 70 sudah bagus, dan meningkat dari sebelumnya. Meskipun masih terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penggunaan kata dan kalimat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sejauh ini language experience approach hanya mampu membuat siswa terampil dalam menuangkan ide atau gagasan. Namun tidak dengan struktur kalimat, atau penggunaan kata.

 

Kata Kunci: language experience approach, keterampilan menulis

 

Abstract

Language Experience Approach an approach to improving writing skills of elementary school students. The purpose of this research is to find out (1) how the writing skills of elementary students are taught through language experience approach. (2) The extent to which language experience approaches can increase the writing skills of elementary students. This research was carried out in grade V SD 70 Banda Aceh with a population of 48 students. Sampling was done by purposive sampling technique, so the number of samples in this study were grade V SD 70 students. Data collection was done by documentation / portfolio and interviews. The data analysis is done by reading / studying data, marking key words and ideas in the data, learning those key words, trying to find themes that come from the data. Based on the results of the above research, it can be concluded that the writing skills of SD 70 students have been good, and increased from before. Although there are still deficiencies or errors in the use of words and sentences. Thus it can be said that so far the language experience approach is only able to make students skilled in pouring ideas or ideas. But not with sentence structure, or word usage.

 

Keywords: language experience approach, writing skills

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al Fuad, Z., Helminsyah, H., & Subhananto, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Montase Kreatif Dengan Teknik Lihat, Gunting, Tempel, Dan Ceritakan (LGTC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Visipena, 8(2).

Chaer, A. 2009. Psikolinguistik kajian teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. 2012. Psikolinguistik: pengantar pemahaman bahasa manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Kubiznová, M. 2009. Using Language Experience Approach in English Language Learning. Masaryk University Brno Faculty of Education

Malladewi, M.A. & Sukartiningsih, W. 2013. Peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris melalui jurnal pribadi siswa kelas IV SD negeri Balasklumprik I/34 Surabaya. Jurnal PGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013

Maulani, S. 2014. Penerapan Pembelajaran dengan Language Experience Approach dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Membaca Dini pada Anak. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar. Volume 2. Nomor 3 2014.

McCormick, Thomas W. Theories in Reading in Dialogue: an Interdisciplinary Study. New York: University Press of America, 1998. Web. 15 Oct. 2008

Pramita, P. A 2017. Tingkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Melalui Asessmen Portofolio. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Ganesha

Rahayu, D. S. 2013. The Use Of Language Experience Approach In Teaching Reading For Young Learners. Journal of English and Education 2013, 1(1), 43-51

Suparno dan Yunus, Muh. 2010. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wurr, A.J. 2002. Language Experience Approach Revisited : The Use Of Personal Narratives In Adult L2 Literacy Instruction. The Reading Matrix Vol. 2, No. 1, April 2002


Article Metrics

Abstract views: 184   PDF views: 419