PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS

Maulana Yusuf, Indina Tarjiah, Otib Satibi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosialpada siswa kelas IV dalam muatan IPS di SDN Cikeusi II Kabupaten Sumedang menggunakan metode simulasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, observasi dan tes.Hasil pennelitian metode simulasi dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, peningkatan keterampilan komunikasi siswa tindakan siklus I dibanding prasiklus adalah 30%.Selain itu, peningkatan keterampilan komunikasi siswa tindakan siklus II dibanding siklus I adalah 52%.Peningkatan keterampilan komunikasi siswa tindakan siklus IIIdibanding siklus II adalah 72%.Kelima, peningkatan keterampilan komunikasi siswa dapat terlihat dari meningkatnya dimensi-dimensi keterampilan komunikasi siswa.

 

Kata kunci: keterampilan sosial, metode simulasi, inside-outside, action research

 

Abstract

This study aims to determine the improvement of social skills in grade IV students in the IPS load in SDN Cikeusi II Sumedang District using the simulation method. This research uses research method of action of Kemmis and Mc model. Taggart with 4 stages of planning, implementation, observation, and reflection. The instrument used in this research is questionnaire, observation and test. The result of simulation method research can improve students' communication skill, student communication skill improvement of cycles I compared to prasiklus is 30%. In addition, the improvement of students' communication skills in cycle II actions compared to cycle I was 52%. The improvement of student communication skill of cycle III action compared to cycle II is 72%. Fifth, improving students 'communication skills can be seen from the increasing dimensions of students' communication skills.

Keywords: social skills, simulation method, inside-outside, action research

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, F. L., Hanurawan, F., & Hadi, S., (2017). Membangun Keterampilan Sosial Sebagai

Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler (Prosiding: Universitas Negeri

Malang).

Anwari M.R., Syakir, A., & Yunus, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Bahasa,

Sastra, dan Pengajarannya.

Baumfield, V. (2009). Action Research di Ruang Kelas. Jakarta: PT. Indeks

Damanhuri, Hakim. Z. R, & Pratiwi, M. U. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri

terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS. JPSD.

Iswantiningtyas, V. (2017). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan

Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Efektor.

Kurniasari, E. F., Setyaningtyas., E. W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walk. Journal of Education Research and Evaluation.

Oktapyanto, R. R.Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan

Keterampilan Sosial Anak Sekolah Dasar. JPSD

Rohmah, R. S., Suhaedah, & Mulyani, S., (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe

Make a Match untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial IPS Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Pendidikan Dasar Ke-SD-an.

Saputro, N.R.G., (2016). Penerapan Metode Debat Aktif dalam Pembelajaran IPS untuk

Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Komunikasi Kelas VII F SMP Negeri 3

Majalengka. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Sucahyo, A., Budi, H.S., & Chamdani, M. (2015). Penerapan Model Kooperatif Tipe Make a Match dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Tentang Kegiatan Ekonomi Dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam. Jurnal Kalam Cendekia.


Article Metrics

Abstract views: 235   PDF views: 208