PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA SD NEGERI 70 KUTA RAJA BANDA ACEH

Musdiani Musdiani

Abstract


Penerapan sistem pembelajaran yang monoton merupakan salah satu penghambat serta kendala yang muncul pada setiap proses pembelajaran. Ketidaktepatan dalam memilih model pembelajaran yang cocok untuk karakteristik siswa pada suatu tempat pembelajaran juga merupakan suatu kendala dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas III SD N 70 Kuta Raja Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIB SD Negeri 70 Kuta Raja Banda Aceh yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini dimulai dengan pre test. Tujuan diadakan pre test yaitu untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum dilakukan tindakan kelas. Hasil evaluasi pre test menunjukkan bahwa hanya 7 (31,81%) orang siswa yang tuntas atau memenuhi KKM sekolah dengan nilai ratarata 71,42. Sedangkan 15 (68,18%) orang siswa lagi belum tuntas dengan nilai rata-rata 48, dan nilai rata-rata kelas 55,45. Selanjutnya peneliti melakukan tindakan pada siklus I. Hasil evaluasi pada siklus I ada 17 (77,27 %) siswa yang berhasil mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 74,11, dan 5 orang siswa (22,72 %) belum mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata 56, dan nilai rata-rata kelas 70. Dengan demikian siswa kelas III SD  Negeri Kuta Raja Banda Aceh telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70. Dengan demikian peneliti tidak melakukan lagi tindakan pada siklus II.

Kata Kunci: penerapan, model pembelajaran tgt, hasil belajar

Abstract
The application of a monotonous learning system is one of the obstacles and obstacles that arise in each learning process. Inaccuracy in choosing a learning model that is suitable for students' characteristics in a place of learning is also an obstacle in the learning process. This study aims to find out and improve student learning outcomes in natural resource material in class III SD N 70 Kuta Raja Banda Aceh. The type of research used in this study is Classroom Action Research (CAR). The subjects of this study were 22 students in grade IIIB SD Negeri 70 Kuta Raja Banda Aceh. This study began with a pre test. The purpose of the pre-test is to find out the students' initial abilities before class actions. The results of the pre-test evaluation showed that only 7 (31.81%) students completed or met the school KKM with an average score of 71.42. While 15 (68.18%) more students have not yet completed with an average value of 48, and the average grade is 55.45. Then the researcher took action in cycle I. The results of evaluation in cycle I were 17 (77.27%) students who achieved the KKM score with a grade average of 74.11, and 5 students (22.72%) had not reached the value of KKM with an average value of 56, and the average grade of 70. Thus the third grade students of Kuta Raja Elementary School Banda Aceh have achieved mastery learning with an average grade of 70. Thus the researchers do not do any more actions on the cycle II.

Keywords: application, learning model, learning outcomes


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. Dkk. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo Cipta.

Hasibuan. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Isjoni, 2009, Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfa Beta.

Jakarta: Erlangga.

Korayanti, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games

Tournaments (TGT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

(IPS) Siswa Kelas IV SD Negeri Mancasan Gamping Sleman. Yogyakarta:

Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta

Mansyur, dkk. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : Depdiknas.

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara

Oemar Hamalik. 2004. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan

RajaGrafindo Persada.

Sardiman.A.M, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka

Trianto, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik.

Wahyudin, dkk. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winkel, 2006. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Gramedia, Jakarta.


Article Metrics

Abstract views: 57   PDF views: 96