IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS II SD NEGERI 079 PEKAN BARU

Otang Kurniaman

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat penerapan kurikulum 2013  dalam pembelajaran di kelas II SD Negeri 079 Pekanbaru khususnya keberhasilan penerapan kurikulum 2013  dalam pembelajaran di kelas II SD Negeri 079 Pekanbaru pada tema 4 sub tema 4 pembelajaran ke-2. Subjek penelitian ini satu orang guru dan 32 siswa, dengan menggunakan istrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes dalam mengukur pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dan hasil belajar siswa. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penilaian hasil belajar siswa berupa penilaian sikap percaya diri, teliti, dan santun dengan presentase tertinggi dengan kategori mulai terlihat sedangkan pada kategori membudaya belum terlihat. Penilaian pengetahuan yang paling menonjol adalah nilai baik dengan persentase 46,88%, dalam pembelajaran ini penilaian keterampilan terbagi dua yaitu keterampilan menceritakan dengan kategori tertinggi cukup dengan persentase 87,5% dan volume suara dengan kategori tertinggi baik dengan persentase 71,88%, sedangkan keterampilan membaca cerita narasi dengan persentase tertinggi baik persentase 81,25%. Implementasi kurikulum 2013 di kelas II SDNegeri 079 Pekanbaru belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Apalagi pada penilaian, gurumasih kewalahan dalam melaksanakan, dan juga masih ada penilaian yang belum terlaksana dengan baik, karena dalam kurikulum 2013 menuntut sikap yang menjadi prioritas pertama untuk dikembangkan.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum 2013 masih memerlukan peninjauan ulang kembali supaya tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal.

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Pembelajaran, Sekolah Dasar

Abstract

The purpose of this research is to look at the implementation of the curriculum learning in 2013 in class II SD Negeri 079 Pekanbaru in particular the success of the implementation of the curriculum learning in 2013 in class II SD Negeri 079 Pekanbaru on theme 4 sub theme 4-2nd learning. The subject of this research one teachers and 32 students, using the istrumen research in the form of sheets of observation and tests in measuring the implementation of the learning curriculum and student learning outcomes 2013. The research is qualitative, descriptive. Assessment of student learning outcomes in the form of an assessment of the attitude of the confident, meticulous, and polite with the highest percentage by categories began to appear while in category party is yet to be seen. The most notable knowledge assessment is good value with 46.88%, in the percentage of learning this skill assessment is divided into two categories with the highest skills tell enough with 87.5% percentage and volume with the highest good by category percentage of 71.88%, while reading narrative skills with the highest percentage of good percentage of 81.25%. Implementation of curriculum in the 2013 class II SD Negeri 079 Soweto has not shown satisfactory results. Especially on assessment, gurumasih overwhelmed in performing, and also still no assessment has not been done well, because in 2013 demanding curriculum attitude became the first priority to be developed. Thus it can be concluded that the application of curriculum 2013 still require review back so that the purpose of education can be achieved optimally.

Keywords: 2013 Curriculum, Learning, Elementary School

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views: 232   PDF views: 250