HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN GOLEWA SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Konstantinus Dua Dhiu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS siswa. Pada kenyataan bahwa prestasi siswa menurunatau rendah dikarenakan oleh dorongan dan motivasi yang renda. Menjadi sebuah harapan adalah para guru hendaknya memperhatikan kondisi awal siswa saat mengikuti pembelajaran, karena kondisi psikologis yang baik akan mempengaruhi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan ex post facto karena dalam penelitian ini tidak diadakan perlakuan (treatment) atau manipulasi terhadap variabel-variabel penelitian. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random samplingdengan mengambil sampel 40% dari seluruh siswa kelas V SD di Kecamatan Golewa Selatan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket motivasi belajar dan metode tes prestasi belajar IPS. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes sebanyak 22 soal tipe pilihan ganda dan angket motivasi belajar sebanyak 20 butir pertanyaan. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji liliefors menyimpulkan alat tafsiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Untuk menguji hipotesis penelitian dengan menghitung koefisien hubungan antara X dan Y dengan menggunakan rumus “pearson product moment”. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai rxy=0,899 kemudian dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai rtabel = 0,320, oleh karena itu jika rxy> rtabel atau 0,899 > maka H1 diterima, dan besarnya hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS setelah dianalisis diperoleh korelasi r = 0,90 dengan koefisien determinasi sebesar 81%, makakesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD di Kecamatan Golewa Selatan. Dengan demikian maka dengan adanya motivasi belajar yang tinggi, siswa akan terdorong untuk berusaha mencapai sasaran dan tujuannya.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prestasi belajar, IPS 

Abstract

 

This study aims to know the significant correlation between the learning motivation with the students social science learning achievement. The sampling method done using cluster random sampling with its sample was 40% from all students of the fifth grade of primary school in South Golewa subdistrict. The method of data collection in this study used was the learning motivation questionnaire and the test method on the social science learning achievement. The study instrument was 22 questions in the form of multiple choice and 20 questions for the learning motivation questionnaire. The analysis of the prerequisite test used Liliefors test concluding the tool of the regression interpretation Y over X for normal distributed. For testing the study hypothesis by counting the correlation coefficient between X and Y using the “pearson product moment” formula. From the result of the hypothesis test count got the value of rxy=0,899, then compared with rtable at the significant standard 0,05 got the rtable value = 0,320. Because of that if rxy>rtable or 0,899 >,so H1 accepted, and the result of the correlation between the learning motivation with the social science learning achievement after analyzed got the correlation r = 0,90 with its determinant coefficient in the amount of 81%. From the result of the study can be concluded that there is a significant correlation between the learning motivation with the social science learning achievement at the fifth grade students of primary school in South Golewa subdistrict.

Keywords: Learning Motivation, Learning Achievement, Social Science

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views: 267   PDF views: 644