Tunas Bangsa Journal has moved to a new address at ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa

HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 BANDA ACEH

Cut Marlini, Sariman Sariman

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia di SD Negeri 19 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 19 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 142 orang dan dengan penarikan sampel yaitu kelas IV dengan jumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode  dalam  penelitian  ini  menggunakan  metode  korelasi. Berdasarkan hasil temuan didapati bahwa nilai siwa hasil belajar bahasa Indonesia yaitu 77,05, chi kuadrat hitung = 4,24 < 9,49 = chi kuadrat , maka 12Ho "> diterima jadi data tersebut berdistribusi normal untuk taraf 5 % atau 0,05. 12Rhitung">  0,364 > 12Rtabel">  (0.306) jadi Ho ditolak. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara  kemampuan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia SD kelas IV Negeri 19 Banda Aceh.

 Kata Kunci: Kemampuan Membaca. Hasil Belajar. Bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2005), Manajemen Penelitian. Jakarta : Rinika Cipta.

Depdiknas, (2003). Standar Kompetensi: Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD dan MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas, (2005). Bahasa dan Sastra Indonesia: Metode Pembelajaran Bahasa

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Devina Aria Sari (2007) Peningkatan Prestasi Belajar membaca Dengan Model Pembelajaran Asistensi Pada Siswa Kelas VII E Sekolah Menengah Pertama 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar.

Gagne, Robert M. 1994. The Conditions Of Learning. New York : Holt, Rinchart and Winston

Harrras, Drs.Kholid A. dkk. 1997. Membaca I. Jakarta : Universitas Terbuka.

Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kamus besar bahasa Indonesia (1991) pengertian pendidikan.

Mulyadi. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Tahun Pelajaran 2009/2010.

Presetyo Anggra P. Hubungan Antara Keterampilan Musik Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD tahun ajaran 2007/2008.

Setiawan Eka. Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Melalui Teknik Membaca Scanning ( Membaca Memindai) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pekutatan Jembrana Tahun Pelajaran 2013/2014.

Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka cipta.

Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rusdakarya.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumardi, (2001). Peningkatan Mutu Pendidkan Lewat Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: BPK Penabur.

Tarigan. dkk. (1985). Membaca dalam Kehidupan. Bandung : Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2001). Membaca: Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

UUSPN No. 20 tahun 2003 Tentang Pendidikan.

Wahyono, H. (2007). Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.


Article Metrics

Abstract views: 1082   PDF views: 672