Tunas Bangsa Journal has moved to a new address at ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa

EVALUASI PROGRAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) SE-KECAMATAN MENES KABUPATEN PANDEGLANG – BANTEN

Yayan Sopian, Totok Bintoro, Riana Bagaskorowati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu jenjang SDmelalui penerapan model Countenance Stake, mengetahu tingkat kesesuaian pelaksanaan pembelajaran Tematik terpadu jenjang SD, mengetahui faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran Tematik terpadu jenjang SD. Penelitian dilakukan di SDN di wilayah Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang dari bulan Maret sampai dengan Juni Tahun 2019. Studi peneilitian ini berpijak pada hasil penelitian kualititatif dengan metode deskriptif. Model penelitian menggunakan Countenance Stake. Sumber data diperoleh dari situasi yang wajar (natural setting). penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut, yaitu: (1) studi dokumentasi, (2) observasi, (3) wawancara. Analisis data kualitatif proses scanning dilakukan melalui scanning matrik standard intended berdasarkan logical contingency, yang meliputi antecedent, transaction, dan outcomes. Kemudian melakukan scanning matrik standard observasi berdasarkan logical contingency, yang juga meliputi antecedent, transaction, dan outcomes. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan pembelajaran tematik terpadu, namun dalam rumusan struktur kurikulum, rumusan kompetensi inti dan kompetensi dasar termasuk penilaian  menekankan penerapan pembelajaran dengan pendekatan mata pelajaran. Inkonsistensi kebijakan inilah yang menyebabkan di sekolah dasar termasuk SDN Kecamatan Menes mengalami keraguan dalam menerapkan pembelajaran tematik terpadu, belum mencerminkan penerapan pembelajaran tematik terpadu, dan ketidakkonsistenan kebijakan yang ada dan ketidakmampuan sumber daya manusia (SDM) yang ada, baik pendidik, kepala sekolah, dan pengawas sekolah dalam melaksanakan pembelajaran tematik.

 

Kata Kunci : Model Evaluasi Countenance Stake, Pembelajaran Tematik

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the implementation of integrated thematic learning at the elementary level through the application of the Stake's Countenance model, knowing the suitability of the implementation of integrated Thematic learning at the elementary level, knowing the factors that hindered the implementation of integrated Thematic learning at the elementary level. The study was conducted at SDN in Menes Sub district, Pandeglang Regency from March to June in 2019. This research study rests on the results of qualitative research with descriptive methods. The research model uses Countenance Stake. Data sources are obtained from natural settings. This study uses data collection techniques as follows, namely: (1) documentation study, (2) observation, (3) interview. Qualitative data analysis of the scanning process is done by scanning the standard intended matrix based on logical contingency, which includes antecedents, transactions, and outcomes. Then scan the standard observation matrix based on logical contingency, which also includes antecedents, transactions, and outcomes. Based on data analysis it was found that learning was carried out by applying integrated thematic learning, but in the formulation of curriculum structure, the formulation of core competencies and basic competencies including assessment emphasized the application of learning to the subject approach. The inconsistency of this policy has led to doubts in primary schools including Menes Sub district of Menes in implementing integrated thematic learning, not reflecting the application of integrated thematic learning, and the inconsistency of existing policies and inability of existing human resources, both educators, principals, and school supervisors in carrying out thematic learning.


Keywords: Evaluation of Countenance Stake Model, Thematic Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Cepi Syafudin, Evaluasi Program Pembelajaran, Jakarta: Pn. Rineka Cipta, 2014.

Azwar, Syaifuddin, Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2015

Departemen Pendidikan kebudayaan, Pembelajaran Tematik di sekolah Dasar, Jakarta, 2012,

Dahar, Ratna Wilis, Teori-teori Belajar, Jakarta, Erlangga, 1996

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PN Remaja Rosdakarya, 2010.

Djamarah, Saeful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya, PN Usaha Nasional, 2017

Fitzpatrick Jody, Sanders, & Worthen , Program Evaluation, Fourth Edition, New Jersey, Pearson Education, 2011

Fogarty, Robin. The Mindful School : How to Integrate the Curricula. Palatine, Illinois, Skylight Publising Inc, 1991.

Fogarty, Robin. Ten Ways to Integrate Curriculum, Educational Leadership, Palatine, Illinois, Skylight Publising Inc, 1991.

Gagne & Brigg, “Pengertian Pembelajaran” diakses dari http//www zonareferensi.com, unduh tg 20 Juli 2018

Hamzah B Uno., Profesi Kependidikan; Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Jakarta, Bumi Aksara, 2016.

Intan, “Perlunya Perubahan dan Pengembangan Kurikulum”, (http://intanuntirta.blogspot.com/2016/12/perlunya-perubahan-dan-pengembangan.html), diunduh tanggal 3 Agustus 2018

Kartini Kartono, Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta: PN. Raja Grafindo 2006

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pembelajaran Tematik Terpadu, 2016,

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Silabus Pembelajaran Tematik, Pusat Kurikulum , 2016

Kementerian Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Jakarta, 2005

Kementerian Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008, Tentang Guru, , Jakarta, 2008.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V, Aplikasi luring, (Jakarta, Pusat Bahasa, 2016).

Majid, Abdul, Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2017

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung, PN Remaja Rosdakarya, 2016

Ngalim Purwanto. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2013.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta, 2010.

Tayibnapis, Farida Yusuf, Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi, Jakarta, Rineka Cipta, 2008

Usman, Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Evaluasi, Bandung , Penerbit Alfabeta, 2018

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung , Penerbit Alfabeta, 2010.

.Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Rajawali Pers, 2011.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendididkan Nasional.


Article Metrics

Abstract views: 24   PDF views: 25