ANALISIS PENERAPAN SANKSI BERJENJANG UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 72 BANDA ACEH

Lesmawarni Lesmawarni, Zaki Al Fuad, Dyoty Auliya Vilda Ghasya

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Penerapan Sanksi Berjenjang Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 72 Banda Aceh”.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rumusan masalah bagaimanakah penerapan sanksi berjenjang dapat membentuk karakter disiplin belajar pada siswa kelas III SD Negeri 72 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan sanksi berjenjang dapat membentuk karakter disiplin belajar pada siswa kelas III SD Negeri 72 Banda Aceh. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan teknik observasi dan wawancara. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah data reduction, data verification dan data display. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 72 Banda Aceh yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sanksi berjenjang yang diterapkan guru mampu memberikan dampak positif terahadap penanaman karakter disiplin belajar siswa kelas III SD Negeri 72 Banda Aceh. Pernyataan tersebut terlihat dari berkurangnya jumlah siswa yang melakukan kesalahan setelah guru memberikan teguran atau sanksi. Adapun beberapa karakter disiplin belajar siswa yang membaik setelah diterapkannya sanksi berjenjang oleh guru diantaranya adalah mengumpulkan tugas tepat waktu, tidak membuat keributan saat belajar, tidak meninggalkan kelas saat belajar, tidak mencontek saat mengerjakan tugas, menegur temannya yang melakukan keributan dalam kelas, tidak malas ketika belajar, mandiri dalam belajar, tidak keluar masuk kelas saat belajar dan memerhatikan kegiatan pembelajaran dengan baik.

 

Kata Kunci: Sanksi Berjenjang, Karakter Disiplin Belajar

 

Abstract

This study is entitled "Analysis of the Implementation of Tiered Sanctions to Embed Learning Discipline Character in Class III Students of SD Negeri 72 Banda Aceh". This study used qualitative research method with the formulation of the problem how the application of tiered sanctions can shape the character of the discipline of learning in class III students of SD Negeri 72 Banda Aceh? This study aims to determine the application of tiered sanctions to shape the character of learning discipline in class III students at SD Negeri 72 Banda Aceh. The data in this study were obtained using observation and interview techniques. While the technical analysis of the data used is data reduction, data verification and data display. The subjects in this study were all students in class III of SD Negeri 72 Banda Aceh, amount 20 people. The results showed that the tiered sanctions applied by the teacher were able to have a positive impact on the inculcation of the learning discipline character of third grade students at SD Negeri 72 Banda Aceh. The statement can be seen from the reduced number of students who made mistakes after the teacher gave a reprimand or sanction. As for some of the characteristics of student learning discipline that improved after the implementation of tiered sanctions by the teacher include collect the assignments on time, stay calm while studying, not leaving the class when studying, not cheating when doing the assignments, rebuke who do fray in class, not being lazy when learn, be independent in learning, do not go in and out of class when studying and pay attention to learning activities properly.

 

Keyword: Tiered Sanctions, Learning Discipline Character

 


References


Abdullah, Munir. (2010). Pendidikan Karakter:Membanguin Karakter Sejak dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.

Ahmadi, Abu. (2005). Psikologi Belajar Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi Abu, Nur Uhbiyati, (2007). Ilmu Pendidikan, jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Asmani, J.S. (2013). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kratif, dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Darmiyanti, Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Gaza Mamiq. (2012). Bijak Menghukum Siswa, Pedoman Pendidikan Tanpa Kekerasan,Cet I Jogjakarta; Ar-Ruzz Media.

Hadinata, A.B. (2013) Penerapan Sanksi Berjenjang Untuk Meningkatkan Disiplin Dan TanggungJawab Belajar Siswa di MTs. Al-Mushlihin Kota Binjai. Program Pascasarjana. IAIN Sumatra Utara.

Husdarta, H. J. S. (2010). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta Jamal, M.A, (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Kamus Besar Bahasa indonesia edisi ke 5 (2016).

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya danKarakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Mansur, Muslich. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan KrisisMultidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

_______________. 2010. Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Nana, Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novi, Hernawati. (2008). Pengaruh Penerapan Sanksi Berjenjang TerhadapKedisiplinan Siswa di SDN Mekarwangi I Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut. Jurnal Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut. (Vol. 02, No. 01, 2008).

Nuraini, Nida. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Melalui Ekstrakulikuler Kepramukaan di MI Ma’arif NU Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Pogram Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Purwokerto.

Rachman, Arif. (2011). Peningkatan Disiplin Sekolah Melalui Sanksi Berjenjang Pada Siswa Kelas III SDN Wonodadi 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Siregar, U.S. (2017). Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Sanksi Berjenjang Pada Siswa Kelas VI SDN 8 Tebat Karai. Jurnal Manejer Pendidikan (Vol 10, No 1, 2017).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D: Alfabeta.Bandung.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

___________.(2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Berkarakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disisplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa: Jakarta. Grasindo.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Widoyoko, E.P. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Wina, Sanjaya. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract views: 2