KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Khairunisa Khairunisa

Abstract


Kecemasan berbicara di depan kelas adalah sebuah keadaan yang wajar saja terjadi, bahkan dikatakan sebagai bagian dari pengalaman berbicara di depan publik. Namun ketika kece­mas­an memiliki pengaruh yang signifikan terhadap performa seseorang dan disaat itu baru menjadi masalah. Karena ketika per­for­ma individu terganggu. Kecemasan berbicara di depan kelas dikonseptualisasikan sebgai penyebab keberhasilan peserta didik. Ini terlibat dalam keberhasilan akademis dan interpersonal, dua faktor yang diidentifikasi oleh penelitian sebelumnya sebagai prediktor utama kegigihan. Sebuah studi longitudinal empat tahun tentang dampak dari kecemasan berbicara di depan kelas pada nilai rata-rata kelas. Hasil menunjukkan peserta didik yang mengalami kecemasan berbicara yang tinggi secara signifikan lebih mungkin putus dan mencapai rata-rata poin kelas dibandingkan dengan peserta didik yang mengalami kecemasan berbicara yang rendah. Dampak dari kecemasan berbicara adalah yang terkuat selama dua tahun pertama. Sebuah replikasi studi mengkonfirmasi dampak kecemasan berbicara pada kegigihan peserta didik. Disimpulkan dampak kecemasan berbicara pada kemungkinan kelangsungan hidup peserta didik  yang mengalami kecemasan berbicara di perguruan tinggi sangat besar dan dampak ini menambah kasus yang mendukung penyediaan program pelatihan untuk membantu peserta didik mengatasi kekhawatiran mereka tentang kecemasan berbicara

 

Kata Kunci : Cemas, Berbicara di Depan Kelas

 

Abstract

Anxiety in speaking in front of the class is a condition that naturally occurs, even said to be part of the experience of speaking in public. But when the community has a significant influence on someone's performance and when it becomes a problem. Because when individuals are disturbed .Talking anxiety in front of the class is conceptualized as the cause of the success of students. This is involved in academic and interpersonal success, two factors identified by previous research as the main predictors of persistence. A four-year longitudinal study of the effects of anxiety speaks in front of the class at the grade point average. The results showed that students who experienced high speaking anxiety were significantly more likely to drop out and reach average class points compared to students who experienced low speaking anxiety. The impact of speaking anxiety is the strongest during the first two years. A replication study confirms the impact of anxiety speaking on student persistence. It was concluded that the impact of anxiety speaking on the likelihood of survival of students experiencing anxiety speaking in college is very large and this impact adds to cases that support the provision of training programs to help students overcome their concerns about speaking anxiety

 

Keywords : Anxieety, Speaking In The Class


Full Text:

PDF

References


Aswida, W., Marjohan, & Syukur, Y. (2012). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Peserta didik. Jurnal Ilmiah Konseling, I, 1-11.

Corey, G. (2007). Teori Praktek Koseling dan Psikoterapi. (E. Koeswara, Trans.) Bandung: PT. Grafika Aditama.

Hafied, C. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kartono, K. (2012). Patologi Sosial, Gangguan-Gangguan Kejiwaan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri Offset.

Khan, T., Ejaz , M., & Azmi, S. (2009). Evaluation Of Communication Apprehension Among First Year And Final Year Pharmacy Undergraduates. Journal Of Clinical And Diagnostic Research, III, 1885-1890.

Littlejohn, S. (2009). Theorist of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

McCroskey, J., Booth-Butterfield, S., & Payne, S. (1989). The Impact Of Communication Apprehension On College Student Retention And Succes. Communication Qouartenly, 100-107.

Meleong, J. L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Monart, H., & Kase , L. (2007). The Confident Speakers, Beat Your Nerves And Communicate at Your Best In Any Situation. USA: McGraw-Hill.

Morreale, S. P., Spitzberg, B. H., & Barge, J. K. (2007). Human Communication: Motivation Knowledge and Skills. USA: Thomson Wadsworth.

Parvis, Leo F. (2001). “The Importance of Communication and Public-Speaking Skills Journal Article”. Journal of Environ¬mental Health. 63(1):1

Perkoso, B. P. (2017). Berfikir Positif Untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas. Jurnal Psikologi, III(3), 35-45.

Rahmawati, F. E., & Nuryono, W. (2014). Penerapan Terapi NLP (Neuro Linguistic Programing) Untuk Menurunkan. Jurnal BK, IV(3), 675-681.

Rakhmat, J. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ratnasari, Devi. (2012). Penggunaan Konseling Kelompok dengan Kombinasi Strategi Refreming dan Self Modeling Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Skripsi. Surabaya: UNESA. Tidak diterbitkan.

Safira, T. (2012). Managemen Emosi Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, R., & Supriyantini, S. (2013). Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Tingkat Kcemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahapeserta didik. Jurnal Psikologi, IX(2), 119-129.

Tiara, E. T. (2010). Deskripsi Tingkat Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas Peserta didik Kelas X dan Kelas XI SMA Fransiskus Bandar Lampung T.A 2009/2010. Retrieved Januari 17, 2019, from SD Repository: https://repository.usd.ac.id/19956/2/041114035_Full.pdf

Vye, C., Scholljegerdes, K., & Welch, I. D. (2007). Under pressure and overwhelmed: coping with anxiety in college. London: Praeger.

Wrench, J. S., Richmond, V. P., & Gorham, J. (2009). Communication Affect, and Learning in The Classroom. USA: Burgess Publishing.

Wulandari, L. H. (2004). Efektivitas Modifikasi Perilaku-Kognitif Untuk Mengurangi Kecemasan Komunikasi Antar Pribadi. Retrieved Januari Rabu, 2019, from e-USU Repository: http://repository.usu.ac.id/

Yuniarty, S. (2017). Kecemasan Berbicara Di Dalam Kelas Bahasa Asing Terhadap Peserta didik Kelas 10 DI SMK Negeri 5 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, II(1), 144-152.


Article Metrics

Abstract views: 2   PDF views: 0