BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI BEKASI

Maslikhah Maslikhah

Abstract


Motivasi belajar siswa adalah suatu keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan dan mengarahkan sikap dan perilaku individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan, pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai sikap, serta perubahan yang bersifat secara relatif konstan dan tetap. Layanan bimbingan kelompok adalah melatih siswa agar berani berbicara dihadapan orang banyak, melatih siswa dapat bertoleransi dengan temannya, mengembangkan bakat dan minat masing-masing, mengentaskan permasalahan-permasalahan yang dihadapi kelompok, melatih siswa untuk berani melakukan sharing dalan keompok. Metode cooperative learning adalah suatu metode yang menempatkan seorang guru dengan jalan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengandung masalah bagi peserta didik, atau meminta peserta didik menyampaikan masalah yang dimiliki, yang harus diselesaikan secara bersama, dengan mengakomodir kemungkinan perbedaan yang terjadi di lingkungan mereka, pengetahuan dan keterampilan yang disampaikan lebih bermakna dan lebih kuat tersimpan dalam ingatan masing-masing siswa. Layanan bimbingan kelompok sebagai wadah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode cooperative learning membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berkomunikasi secara lisan.

 

Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Layanan Bimbingan Kelompok, Metode Cooperative Learning

 

Abstract

Student learning motivation is a desire to activate, move, channel and direct individual attitudes and behaviors to produce changes, knowledge, understanding, skills, and attitudinal values, and changes that are relatively constant and constant. Group guidance services are to train students to dare to speak in front of many people, train students to tolerate their friends, develop their talents and interests, alleviate problems faced by groups, train students to dare to share in groups. Cooperative learning method is a method that places a teacher by giving questions that contain problems for students, or asking students to convey their problems, which must be solved together, by accommodating the possibility of differences that occur in their environment, knowledge and the skills delivered are more meaningful and stronger stored in the memories of each student. Group guidance services as a place to increase student learning motivation. The cooperative learning method helps students develop oral communication skills.

 

Keywords: Student Learning Motivation, Group Guidance Services, Cooperative Learning Method


Full Text:

PDF

References


Sadirman. 200I. Interaksi dan Motivasi Pembelajaran Cet.I; Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada.

Sedanayasa, Gede dkk. 2010. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Singaraja: Jurusan Bimbingan Konseling

Sedanayasa, Gede dkk. 2010. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Singaraja: Jurusan Bimbingan Konseling

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta; PT Bumi Aksara.

Supriyono, Agus. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2010

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : Rajawali Pers.

Vitalis DS, 2008. Layanan Konseling Kelompok. Diktat Mata Kuliah Bimbingan Konseling IKIP PGRI Madiun

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Winkel W.S dan M.M Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Winkel dan Sri Hastuti, 2008. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta : Rineka Cipta

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : Rajawali Pers.

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Winkel W.S dan M.M Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Article Metrics

Abstract views: 2   PDF views: 0