PENERAPAN MEDIA BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DI SEKOLAH DASAR

Dyoty Auliya Vilda Ghasya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Big Book dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Adapun penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman yang dimiliki oleh siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengadaptasi model Kemmis Mc Taggart. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar rencana pembelajaran, lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas III SDN 24 Pontianak, dapat disimpulkan bahwa media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar.

 

Kata Kunci : Media, Membaca Pemahaman, Big Book, Sekolah Dasar

 

Abstact

This study aims to determine the use of Big Book media in improving reading comprehension skills of elementary school students. The research is motivated by the low reading comprehension skills of elementary school students. This research is a classroom action research by adapting the Kemmis Mc Taggart model. The instruments used in this study include learning plan sheets, observation sheets, questionnaire sheets, and test sheets. Based on the results of tests conducted on third grade students of SDN 24 Pontianak, it can be concluded that Big Book media can improve reading comprehension skills of elementary school students.

 

Keywords : Media, Reading Comprehension, Big Book, Primary School

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Cahyani, I., & Hodijah. (2007). Kemampuan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Bandung : UPI Press.

Colville, H., S. & Oconnor, B. (2006). Using Big Book: A Standars Based Instructional Approach for Foreign Language Teacher Candidate in a PreK-12 Program. Foreign Language Annals Vol. 39 Nomor 3. Hlm. 487- 506.

OECD . PISA 2009 Technical Report. PISA : OECD Publishing.

Resmini, dkk. (2006). Membaca dan Menulis di Sekolah Dasar. Bandung : UPI Press.

Santyasa, I. W. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan, di Banjar Angkan Klungkung, 10 Januari 2007.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. https://doi.org/10.3354/dao02420

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.


Article Metrics

Abstract views: 10   PDF views: 10