PENERAPAN CONFERENCING APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR

Gio Mohamad Johan, Yusrawati JR Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penerapan conferencing approach yang dapat meningkatkan kemampuan menulis kreatif pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian dilakukan di kelas IV SDN Perumnas Neuheun dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai kemampuan menulis siswa pada setiap siklus sampai siklus 2. Hasil penilaian keterampilan menulis karangan narasi ditunjukkan pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kondisi awal, yaitu 61,17, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I adalah 67,47 atau mengalami peningkatan sebesar 6,3 terhadap kondisi awal.  Pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 75,52 atau mengalami kenaikan sebesar 8,05 terhadap rata-rata nilai tes pada siklus I. sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis dengan menerapkan conferencing approach dapat meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa sekolah dasar.

 

Kata Kunci:  Conferencing Approach, Menulis Kreatif, Sekolah Dasar

 

Abstract

This study aims to obtain data on the application of conferencing approaches that can improve creative writing skills in fourth grade of elementary school students. The research was conducted in fourth grade of SDN Perumnas Neuheun using the classroom action research model. The results showed an increase in the value of students' writing skills in each cycle until cycle 2. The results of the assessment of narrative essay writing skills were shown in the average value obtained by students in the initial conditions, namely 61.17, while the average value in cycle I was 67 , 47 or an increase of 6.3 in the initial conditions. In the second cycle the average value of students reached 75.52 or increased by 8.05 on the average test scores in cycle I. So it can be concluded that learning to write by applying conferencing approach can improve the creative writing skills of elementary school students.

 

Keywords: Conferencing Approach, Creative Writing, Elementary School


Full Text:

PDF

References


Cahyani, I. (2018). Language Games to Enhance Reading and Writing Comperehension for Kindergarten Children. https://doi.org/10.5220/0007172406380643

Darmawan, D., Hartati, T., & Mulyasari, E. (2014). Video Streaming for Creative Writing at International Elementary School. Journal of Education and Learning (EduLearn). https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i1.175

Hartati, T. (2017). CONFERENCING APPROACH IN PROMOTING WRITING ABILITIY: A CLASSROOM ACTION RESEARCH STUDY ON LANGUAGE CREATIVE WRITING IN INDONESIAN LANGUAGE. Indonesian Journal of Applied Linguistics. https://doi.org/10.17509/ijal.v7i2.8346

Mohamad Johan, G. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar Language Error Analysis in Indonesian Primary School Student in Discussion Process. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v18i1.12153

Mohamad Johan, G., & Auliya Vilda Ghasya, D. (2017). Analisis Kesalahan Morfologis dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Retrieved from http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/157

Nuryati, S. (2013). PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF MELALUI PENDEKATAN PROSES DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Sekolah Dasar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. https://doi.org/10.3354/dao02420

Tarigan, H. G. (2008). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Diorama Siswa Kelas IV. Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Zaleha Ahmad, & Zubaidah Othman. (2014). Kemahiran menulis: Peningkatan kemahiran dalam kalangan pelajar melalui program ‘tinta emas.’ Seminar Bahasa Melayu.


Article Metrics

Abstract views: 7   PDF views: 11