PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SDN KESAMBEN WETAN, DRIYOREJO-GRESIK

Putri Kurnianingtyas

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di SDN Kesamben Wetan Driyorejo Gresik pada mata pelajaran PKn  kelas  IV, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum mencapai nilai ketuntasan yang telah ditetapkan sekolah. Dalam  Pembelajaran PKn guru menyajikan materi hanya satu arah yaitu guru berceramah, aktivitas siswa meliputi mendengarkan, menghafalkan, dan mengerjakan evaluasi. Keadaan siswa di kelas sangat pasif tidak ada keberanian untuk menjawab atau bertanya pada guru. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran yang tepat sangat diperlukan guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penggunaan model Mind Mapping dalam pembelajaran PKn yang diaplikasikan ke dalam model catatan siswa dapat membantu siswa lebih mudah mengingat dan memahami materi yang cukup banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, siswa, serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Kesamben Wetan dalam  penggunaan model pembelajaran Mind Mapping. Subjeknya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kesamben Wetan Driyorejo Gresik yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru selama pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 29,12%, yaitu pada siklus I mencapai persentase 61, 5% menjadi 90, 62% pada siklus III. Aktivitas siswa meningkat sebesar 24, 85%, pada siklus I secara klasikal mencapai persentase 63% menjadi 87, 85% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan  dengan rata-rata nilai yang diperoleh pada observasi awal sebesar 67,23 (54,84%), siklus  I sebesar 68,13 ( 61,29%), siklus II sebesar 73,45 ( 75,86%), dan pada siklus III sebesar 80 (86,20%). Dari hasil pelaksanaan siklus pertama, kedua dan ketiga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping  dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) bagi siswa kelas IV SDN Kesamben Wetan Driyorejo Gresik.

 

Kata Kunci: Pelajaran PKn, Mind Mapping,

 

Abstract

From the observation result at SDN Kesamben Wetan Driyorejo Gresik , showing that the student learning result have not reach completion score that decided by school. On PKn subject teacher only presented matter in one way namely lecturing, student activity including listening, memorizing and evaluating. Student condition at class very passive and there is no courage to answer or ask question to teacher. Therefore, the utilization of appropriate model is very needed to achieve the expected goal of learning. The application of mind mapping model on PKn subject that applied to student note model can help student to memorize easier and understanding lot of matter. The purpose of this research is to describe teacher activity, student, and student learning result in the application of mind mapping learning model on PKn subject on fourth grade student at SDN Kesamben Wetan Driyorejo Gresik. Subject on this research are all fourth grade student of SDN Kesamben Wetan Driyorejo Gresik that amounted of 32 students. The type of research that applied is class action research (CAR) that consisted of three cycles. Research data obtained through observation, test, and interview. Research result showed that teacher activity during learning experience improvement as big as 29.12%, namely on the first cycle from 61.5% to 90.62% on third cycle. Student activity during learning experience improvement as big as 24.85% classically on the first cycle from 63% to 87.6285 on second cycle. While student learning completeness experience improvement with the score average that obtained at early observation as big as 67.23 (54.84%), at first cycle as big as 68.13 (61.29%), second cycle as big as 73.45 (75.86%), and on the third cycle as big as 80 (86.20%). From the execution of first, second and third cycle, it can conclude that the application of mind mapping learning model can increasing student and teacher activity also the student learning result on PKn subject for fourth grade student of SDN Kesamben Wetan Driyorejo Gresik

 

Keywords: PKn Learning, Mind Mapping, Learning Result


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2009. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Map untuk Anak Agar Anak Lulus Ujian dengan Nilai Bagus. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.

Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Map untuk Anak Agar Anak Mudah Menghafal dan Berkonsentrasi. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.

Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas.

Faturrohman dan Wuriwuryandani. 2011. Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Bantul: Nuhalitera.

Hamid, Moh. Sholeh. 2011. Metode Edutainment. Jogja: DivaPress

Jihad, Asep & Haris, abdul. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Presindo

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineke Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmetode Buana Pustaka.

Trianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Winataputra, Udin S. 2012. Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract views: 38   PDF views: 43