KAJIAN IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 DI KELAS IV SDN 19 KOTA BANDA ACEH

Cut Marlini, Zaki Al fuad, Helminsyah Helminsyah

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai : Kajian penanaman  Karakter  Dalam  Kurikulum  2013  di  Kelas  IV  SDN  19  Kota  Banda Aceh tahun ajaran   2017/2018;   Mengintegrasikan   penanaman   karakter   dalam   proses pembelajaran   dikelas; menerapkan   budaya   sekolah   dalam   kegiatan   atau   kehidupan keseharian   pada   siswa   kelas   kelas IV; dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriftif. Intrumen  yang  digunakan  untuk  mengumpulkan data  terdiri  dari,  wawancara,  observasi dan  dokumentasi. Observasi  dilakukan  terhadap  siswa  dan  guru yang  meliputi kegiatan  keseharian  disekolah.  Sedangkan  wawancara  dilakukan  kepada guru  tentang pelaksanaan penanaman karakter disekolah. Hasil penelitian   ini  melalui Observasi dan wawancara setelah dilakukan penelitian bahwa: (1) Penanaman karakter di SDN 19 Kota Banda Aceh, proses pembelajaran guru menanamkan sikap religius, sopan, dan berfikir logis, jujur, disiplin dan lain sebagainya.( 2) Kegiatan keseharian  disekolah  guru  menanamkan  bentuk  budaya-budaya salaman,  bentuk  perilaku dan   simbol-simbol   yang   terkait   penanaman   karakter; (3)   Penanaman Karakter   pada kegiatan    ekstrakurikuler    nilai-nilai    yang    diterapkan   adalah    disiplin,    bersahabat, kerjasama,   tanggung   jawab,   menumbuhkan   sikap   percaya   diri,   menumbuhkan   sikap pantang menyerah  dan  tidak  putus  asa.

 

Kata Kunci : Penanaman Karakter, Kurikulum 2013

 

Abstract

This research has a goal to obtain factual overview about: study of the cultivation of the character in the 2013 Class IV Curriculum SDN 19 Banda Aceh the school year 2017/2018;   Integrate the planting characters in the learning process processed; applying cultural school activities in our daily lives or on grade class IV; and implementation of extracurricular activities in developing students ' character values. The instruments used to collect data consisting of, interview, observation and documentation. Observations were made to the students and teachers in all schools in our daily activities which include.  While the interview is conducted to the teacher about the implementation of the planting characters in all schools. The results of this research through observation and interviews, after research that: (1) cultivation of character in SDN 19 Banda Aceh, the learning process of teachers instill religious attitudes, polite, reasoned and logical, honest, discipline etc. (2) the activities of everyday life in schools teachers instill salaman cultures forms, forms of behaviour and symbols that related the planting characters;  (3) the cultivation of the Character on the extracurricular activities of the values applied are disciplined, friendly, cooperation, responsibility, fostering an attitude of confidence, foster a unyielding stance and not despair. 

 

Keywords: Cultivation Of The Character, The Curriculum Is 2013

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Lickona, T. 1992. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and

Responsibility, New York: Simon & Schuster, Inc.

Kementrian Pendidikan Nasional , Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat

Kurikulum dan perbukuan, 2011), hlm.

Kemdiknas. 2010. Buku Induk Pembangunan Karakter. Jakarta: Kemdiknas

(PDF) Esai - Reaktualisasi Nilai Karakter Di Sekolah Dasar_1411031079. Available from: Error! Hyperlink reference not valid._ REAKTUALISASI_ NILAI_KARAKTER_ DI_SEKOLAH_DASAR_1411031079 [accessed Sep 09 2018].


Article Metrics

Abstract views: 30   PDF views: 16